Tugas Buku Paket Bahasa Indonesia

Jam 20:22

Nama : Fasya Nabilah Putri

Kelas : XI MIA 2

Guru Pembimbing : Harry Syahputra Gultom

Tugas Buku Paket halaman 199-200

Nomor 1

A. Lemahnya kemampuan berbahasa Indonesia. 

Pernyataan :

Lemahnya kemampuan berbahasa Indonesia di kalangan mahasiswa tampak pada beberapa aspek. Pertama, keterampilan berbahasa lisan. Mahasiswa kurang mampu mengungkapkan gagasan dengan menggunakan bahasa yang tepat, baik pilihan kata yang kurang sesuai maupun alur gagasan yang tidak logis dan tidak sistematis. Penguasaan kosa kata yang tidak memadai mengakibatkan mahasiswa kurang lancar berbicara, terkesan sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan gagasan (kurang kata-kata), bicara tidak sesuai dengan pola kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kedua, keterampilan berbahasa tulis. Mahasiswa kurang mampu mengungkapkan gagasan secara tertulis sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia. Kesalahan berbahasa yang sering muncul pada makalah yang disusun mahasiswa atau pekerjaan ujian meliputi pilihan kata (diksi), struktur kalimat, logika bahasa, pungtuasi dan ejaan.

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sIEXz8e1D8buKoAY?sa=e1&st=0t (2)

B. Ada yang beranggapan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa kedua.

Pernyataan :

Psikolinguistik merupakan kajian yang berkaitan dengan psikologi yaitu mempelajari bahasa secara langsung, jika seseorang mengucapkan suatu kalimat kemudian si pendengar mendengarkan apa yang diucapkan ketika berkomunikasi kemudian itu dikatakan sebagai psikolinguistik. Menurut (Nuryani: 2013: 160). Bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh seseorang setelah dia memperoleh bahasa pertama (bahasa ibu). Pemerolehan bahasa kedua adalah proses ketika seseorang memperoleh sebuah bahasa lain setelah terlebih dahulu ia menguasai sampai batasa tertentu bahasa pertamanya. Istilah bahasa kedua terkadang juga disamakan dengan bahasa asing. Di Indonesia, istilah bahasa pertama atau bahasa ibu mengacu pada bahasa daerah tertentu, sedangkan bahasa kedua berwujud bahasa Indonesia atau bahasa asing.

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sIJDz8e1DkMCKoAY?sa=e1&st=0t (375)

C. Bahasa Indonesia adalah bahasanya orang Indonesia sehingga ada yang beranggapan bahwa tidak perlu dipelajari.

Pernyataan :

Bahasa memiliki peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari di berbagai ranah kehidupan. Bahasa Indonesia itu sendiri memiliki peran untuk menyampaikan perasaan dan pikirannya dengan sempurna dan lengkap kepada orang lain.  Artinya, bahasa adalah alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas dalam hati. Bahasa Indonesia secara formal memiliki empat kedudukan yaitu sebagai bahasa persatuan, bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa resmi. Setelah mengalami perkembangan lebih lanjut, bahasa Indonesia berhasil mendudukkan diri sebagai bahasa budaya dan bahasa ilmu. Keenam kedudukan tersebut memiliki fungsi yang berbeda, walaupun dalam praktiknya dapat saja muncul secara bersama-sama dalam satu peristiwa, atau hanya muncul satu atau dua fungsi saja.

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sIMrz8e1DwcSKoAY?sa=e1&st=0t (2)


Nomor 2

A. Pendidikan merupakan hal yang berharga jika siswa dapat mengalami sesuatu secara langsung

Pernyataan :

Dalam Islam, pembelajaran langsung sangat ditekankan dan dianjurkan hal ini telah diamanatkan Permendikbud No 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah “K 13 menggunakan modus pembelajaran langsung (direct instructional), dimana peserta didik mengembangkan kemampuan berfikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan dengan interaksi langsung dengan sumber belajar yang telah dirancang dalam RPP dan Silabus” utamannya dalam pelaksanaan ibadah karena dengan pembelajaran langsung akan terhindar dari kesalahan yang tidak sesuai dengan syari’ah.  Model pembelajaran semacam ini juga dilakukan oleh Rasulullah untuk mengajarkan para sahabatnya bagaimana tata cara melaksanakan ibadah

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sIC3z8e1DxdeKoAY?sa=e1&st=0t (53)

B. Mendapatkan pengalaman tidak langsung itu penting

Pernyataan :

- Tidak semua persoalan dapat dipelajari manusia secara langsung, bahkan pada umumnya atau sebagian besar dipelajari melalui pengalaman tidak langsung. Pengalaman tidak langsung diperoleh dengan berbagai cara sebagai berikut:

1. Mengamati gejala atau situasi dengan menggunakan alat dria, misalnya mengamati orang yang sedang menjahit, menonton, orang yang menari, dan lain-lain.

2. Melalui bentuk gambar, misalnya mempelajari lukisan foto, dan lain-lain

3. Melalui bentuk grafik misalnya, mempelajari peta, grafik, diagram dan lain-lain.

4. Melalui bentuk verbal yaitu diperoleh dengan cara membaca, uraian tertulis dan lain-lain.

5. Melalui lambang, seperti rumus, istilah dan lain-lain

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sILTz8e1Dw9yKoAY?sa=e1&st=0t (24)

-Pernyataan :

Metode Pembelajaran tidak langsung adalah pengalihan tugas mengontrol pembelajaran pada siswa yang melakukan pembelajaran. Artinya, guru tidak lagi mengendalikan pembelajaran secara penuh, tetapi memberikan kesempatan kepada siswa untuk bersama sama melakukannya 

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sIAHz8e1D9t6KoAY?sa=e1&st=0t (614)


Nomor 3

A. Kecakapan menyakut aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terkait  dengan masalah akhlak dan mental

Pernyataan :

Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat merupakan kecakapan-kecakapan yang secara praksis dapat membekali mahasiswa dalam mengatasi berbagai macam persoalan hidup dan kehidupan. Kecakapan itu menyangkut aspek pengetahuan, sikap yang didalamnya termasuk fisik dan mental, serta kecakapan kejuruan yang berkaitan dengan pengembangan akhlak mahasiswa sehingga mampu menghadapi tuntutan dan tantangan hidup dalam kehidupan. PKHS dapat dilakukan melalui kegiatan intra/ ekstrakurikuler untuk mengembangkan potensi mahasiswa sesuai dengan karakteristik, emosional, dan spiritual dalam prospek pengembangan diri, yang materinya menyatu pada sejumlah mata pelajaran yang ada. 

Web : https://sg.docworkspace.com/l/sIM_z8e1D4LCLoAY?sa=e1&st=0t (221)

B. Penentuan isi dan bahan pelajarannya dikaitkan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan sosial itu sendiri

Pernyataan :

Penentuan isi dan bahan pelajaran kecakapan hidup dikaitkan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan agar mahasiswa mengenal dan memiliki bekal dalam menjalankan kehidupan dikemudian hari. Dimana organisasi adalah evolusi bukan revolusi, evolusi dan pendidikan adalah hal yang sama. Pendidikan artinya menggambar, mengangkat; evolusi berarti terbentangnya kehidupan. Tujuan dari semua itu adalah memberi kehidupan kesempatan untuk berekspresi diri. Pendidikan tidak hanya berkaitan dengan pikiran; tujuan pendidikan adalah untuk melepaskan kehidupan, untuk membebaskannya, untuk memberikannya kesempatan untuk mengekspresi diri, itu adalah tujuan pendidikan.

Web :  https://sg.docworkspace.com/l/sIM_z8e1D4LCLoAY?sa=e1&st=0t (222)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Analisis Proposal

Teks Ceramah